Kamis, Mei 28, 2009

gatal,digaruk?

Gatal (pruritus) merupakan keluhan tersering dari penyakit kulit.Seringkali gatal dianggap sebagai suatu keluhan yang tidak berarti apa -apa, padahal gatal merupakan simtom hampir dari seluruh penyakit kulit dari yang ringan sampai emergency.
Keluhan gatal dapat memicu untuk menggaruk. Garukan bukan jawaban atas keluhan yang timbul tersebut oleh karena perasaan gatal tersebut akan menghebat.
Gatal diakibatkan sebagai respon terhadap pelepasan histamin akibat suatu kelainan yang timbul pada kulit.Obat penghilang rasa gatal(antipruritus) hanya bekerja sesaat saja dengan memblok pelepasan histamin namun bila kadar obat telah habis maka rasa gatal akan timbul kembali.Pemakaian antipriritus berupa antihistamin generasi pertama tidak akan menghilangkan keluhan gatal malah akan menimbulkan toksisitas obat bila pemakaian obat berlama - lama.Tindakan yang tepat adalah mencari dan menegakkan kelainan kulit bahkan kelamin yang diderita,Bila kelainan ini teratasi maka keluhan gatal ini akan hilang.
Sangat disayangkan banyak masyarakat yang mengabaikan rasa gatal ini sehingga penyakit kulit yang dialami menjadi kronis dan menimbulkan suatu penyakit kulit yang baru yakni liken simpleks kronikus.Bila sudah terjadi maka keluhan gatal akan menjadi - jadi.Dermatitis ini mudah dikenali karena kulit penderita tampak seperti batang pohon oleh karena terlalu sering di garut dan kronis.Penangananpun akan semakin sulit.Diperlukan intervensi dokter umum dan dokter ahli kulit dan kelamin (Sp.KK)

Tidak ada komentar: